Walikota Dumai, Akan Surati Pertamina RU II Dumai Terkait Mendatangakan Ratusan Tenaga Kerja Asing

Walikota Dumai, Akan Surati Pertamina RU II Dumai Terkait Mendatangakan Ratusan Tenaga Kerja Asing

BAHARINEWS.COM, DUMAI – Pekerjaan Turn Around (TA) atau kegiatan maintenance (pemeliharaan) kondisi kilang Pertamina RU II Dumai menjadi sorotan. Kendati pekerjaan itu baru bakal di laksanakan pada Oktober 2020 mendatang. Namun isu terkait tenaga kerja sudah menjadi pembahasan. Bahkan di tingkat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Dumai.

Di tengah Pendemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan usai ini, Pertamina RU II Dumai bakal mendatangkan ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) dari beberapa Negara. Hal itu terungkap dalam rapat evaluasi Forkompimda terkait Pilkada 2020, Karhutla dan Covid-19 di Hotel Sonaview pada, Selasa (14/7/2020) kemarin.

Pada rapat tersebut, Kepala Kesbangpol Kota Dumai, Eko Wardoyo ketika memaparkan kerawanan Pilkada di Kota Dumai. Saat itu Eko menyampaikan terkait adanya kegiatan TA Pertamina yang bakal melibatkan ribuan pekerja dari luar Kota Dumai dan ratusan TKA dari berbagai negara. “Jadi kami dapat informasi jika, ada kegiatan TA yang bakal melibatkan sekitar 7.000 pekerja dengan rincian 4.000 tenaga kerja asal Dumai dan 3.000 tenaga kerja luar Kota Dumai serta sekitar 100 TKA,” ujar Eko didepan Wali Kota Dumai Zulkifli As, Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira, Dandim 0320 Letkol Irdhan, Kejari Khairul Anwar.

Dengan ribuan tenaga kerja yang di libatkan tersebut menjadi potensi kerawanan Pilkada dan juga adanya potensi penyebaran Covid-19 kendati masih beberapa bulan lagi. “Permasalah ini mohon menjadi pembahasan kita bersama pak Wali Kota Dumai,” tuturnya

Sementara itu, Wali Kota Dumai Zulkifli As juga langsung merespon hal tersebut, karena jika tidak di koordinasikan akan menjadi potensi kerawanan dan di manfaatkan oknum tidak bertanggung jawab. “Kami akan surati Pertamina terkait hal ini, ini sangat penting di perhatikan,” tuturnya.

Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina RU II Dumai Brasto Galih Nugroho dilansir dari Riaupos membenarkan adanya kejadian TA yang memang menjadi kegiatan tahunan di Pertamina RU II Dumai. “Kegiatan pada Oktober 2020 mendatang, memang ada banyak tenaga kerja yang bakal di libatkan, namun untuk berapa jumlahnya belum bisa kami sampai,” tuturnya.

Brasto juga tidak menampik adanya TKA yang akan di datangkan untuk kegiatan TA tersebut. “Mereka (TKA,red) untuk tenaga kerja ahli, karena mereka yang paham,” sebutnya.

Ia mengatakan semuanya tenaga kerja tersebut nantinya tetap menjalani protokol kesehatan Covid-19 seperti pemeriksaan rapid test atau yang lainnya. “Tetap taat terhadap protokol kesehatan yang ada,” tutupnya. (Bhn/ifw/rp)

Baca Juga