Satlantas Polres Dumai Segera Berlakukan Tilang Elektronik Lewat CCTV

Satlantas Polres Dumai Segera Berlakukan Tilang Elektronik Lewat CCTV

DUMAI – Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau biasa disebut dengan tilang elektronik, rencananya akan diberlakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Dumai pada Bulan Maret mendatang di Kota Dumai.

Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira S.I.K, M.H melalui Kasat Lantas Polres Dumai, AKP Agustinus Chandra Pietama S.H, S.I.K mengatakan, pihaknya saat ini sudah memasang perlengkapan penunjang ETLE, sepeti kamera CCTV dan jaringan internet.

“Perlengkapan penunjang ETLE, sepeti kamera CCTV dan jaringan internet sudah kita pasang dan sudah diuji coba,” kata Kasat Lantas Polres Dumai.

Dijelaskannya, ETLE merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan perangkat elektronik berupa kamera untuk mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas dijalan raya.

AKP Chandra menjelaskan, inilah jenis-jenis pelanggaran yang dilakukan lewat ETLE, yaitu :

1. Pemakaian helm standar oleh pengendara dan penumpang
2. Kelengkapan sepeda motor seperti kaca spion
3. Penggunaan sabuk keselamatan oleh pengendara kendaraan roda empat
4. Berkendara sambil main Handphone
5. Melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan

Pelanggaran akan direkam oleh kamera pemantau, termasuk nomor polisi kendaraan, kemudian data pelanggaran akan diolah oleh tim Satlantas Polres Dumai bekerjasama dengan Samsat.

Selanjutnya, paling lama tiga hari tim  akan mengirim surat konfirmasi ke alamat si pelanggar.

“Kita beri waktu 7 hari untuk datang ke Posko dan saat itu juga dilakukan penilangan menggunakan blanko biru, kami pun akan langsung melakukan pemblokiran pembayaran pajak tahunan. Setelah denda di bayar oleh pelanggar, maka blokir pajak akan dibuka kembali,” paparnya.

Perangkat ETLE sudah kita pasang di Sembilan titik. Dari 9 titik, yang diaktifkan untuk tilang elektronik ada 5 titik, yaitu disimpang Bundaran Meriam Jalan Putri Tujuh, Simpang Bundaran Polres Jalan Jendral Sudirman, Simpang Sukajadi-Ombak, Simpang Ombak-Tegalega dan Simpang Bumi Ayu tengah kita persiapkan.

“Mudah-mudahan kita bisa ikut launching secara resmi bersamaan dengan ETLE Polda Riau yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2021 nanti,” Pungkasnya. (Vie)

Baca Juga