Polres Dumai Bentuk Tim Satgassus Anti Begal Sepeda

Polres Dumai Bentuk Tim Satgassus Anti Begal Sepeda

BAHARINEWS.COM, Dumai – Belakangan, olahraga bersepeda menjadi salah satu olahraga yang digemari masyarakat hampir di seluruh Indonesia. Ada yang sekedar hobi, ada pula yang menjadikannya sebagai salah satu alternatif transportasi.

Namun beberapa waktu terakhir, para pesepeda dibuat ngeri terhadap aksi begal yang dialami pengguna sepeda, di beberapa daerah.

Hal inilah yang mendasari Polres Dumai membuat langkah antisipasi dengan cara membentuk Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Anti Begal Sepeda, yang terdiri dari 22 orang personil gabungan Polres Dumai.

Tim Satgasus Anti Begal Sepeda ini bertugas untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Dumai yang memiliki hobi olahraga bersepeda.

Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H menjelaskan bahwa Satgassus Anti Begal Sepeda ini akan melakukan patroli setiap hari, pada jam dan rute masyarakat berolahraga sepeda dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Adapun personil yang terlibat merupakan dari Satuan Lalu Lintas, Reskrim, Sabhara dan Polair, dengan dilengkapi senjata laras panjang.

“Hal ini bukan bermaksud untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan untuk memberikan bukti kehadiran petugas Polisi ditengah-tengah masyarakat guna mencegah terjadinya kerawanan atau tindak kriminilitas berupa begal,” jelas Kapolres Dumai.

Selain melakukan patroli sejak tanggal 1 November 2020 lalu, tim juga akan berhenti di beberapa titik cek point yang biasanya digunakan untuk beristirahat baik bagi masyarakat yang berolahraga sepeda maupun lari atau joging.

Di lokasi tersebut personil Satgassus Anti Begal Sepeda juga akan memberikan himbauan kepada masyarakat yang masih meletakkan hp di atas stang sepeda ataupun di saku kaos depan, agar disimpan di tempat yg lebih aman, agar tidak mengundang kesempatan orang untuk berbuat jahat.

“Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga Protokol Kesehatan dimasa Pandemi Covid-19, meski saat berolahraga,” imbuhnya.

Dengan adanya Satgassus Anti Begal Sepeda ini, Kapolres Dumai berharap masyarakat merasa lebih tenang untuk berolahraga guna meningkatkan imun tubuh.

Dengan begitu, diharapkan dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Dumai. Sehingga Kota Dumai menjadi daerah Zona Hijau dan masyarakat dapat lebih produktif lagi. (Vie)

Baca Juga