Operasi Patuh 2020 Telah Usai, Satlantas Polres Dumai Layangkan 435 Surat Tilang

Operasi Patuh 2020 Telah Usai, Satlantas Polres Dumai Layangkan 435 Surat Tilang

BAHARINEWS.COM, DUMAI – Operasi Patuh Lancang Kuning yang dilaksanakan sejak 23 Juli 2020, telah usai pada 5 Agustus 2020 kemarin. Dalam gelar operasi tersebut, Satuan Lalu Lintas Polres Dumai mengeluarkan 435 Surat Tilang untuk beberapa pelanggaran lalu lintas.

Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Agustinus Pietama SIK, di ruang kerjanya, pada Kamis (6/8/2020) mengatakan bahwa dari hasil analisa evaluasi (Anev) pelaksanaan penindakan pelanggaran lalu lintas. Jumlah penegakkan hukum berupa tilang sebanyak 435.

“Dalam Ops Patuh Lancang Kuning 2019 tercatat sebanyak 1523 surat tilang yang dikeluarkan Satlantas Polres Dumai. Tahun ini hanya 435 surat tilang atau berkurang sekitar 71,44 persen.” Terangnya.

Dijelaskannya, jika dibandingkan dengan tahun 2019, terjadi penurunan terhadap pelanggaran lalulintas.

Dalam operasi kali ini kita lebih fokus kepada penindakan terhadap pelanggaran kasat mata, bukan stationer. Selain itu kita juga fokus pada sosialisasi terhadap penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, Satlantas Polres Dumai juga melakukan teguran kepada 170 pengendara. Jumlah tersebut turun 67,18 persen dibandingkan dengan teguran pada tahun sebelumnya sebanyak 518 teguran.

Lebih lanjut, Kasat Lantas mengatakan bahwa, untuk pelanggaran lalulintas, masih didominasi oleh pengendara yang tidak menggunakan helm standar (SNI), melawan arus, pengendara dibawah umur, tidak menggunakan safety belt, dan lainnya.

Terakhir, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Dumai untuk lebih tertib berlalu lintas, terutama mematuhi protokol kesehatan Covid-19 untuk mencegah penularan virus Corona di Kota Dumai.

“Untuk itu, mari bersama-sama kita dukung pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Dumai salah satunya mematuhi protokol kesehatan Covid-19.” Pungkasnya. (Vie)

Baca Juga