Nyaris Menabrak Kapal Petugas, Bea Cukai Dumai Berhasil Gagalkan Penyelundupan 32 Kg Sabu

Nyaris Menabrak Kapal Petugas, Bea Cukai Dumai Berhasil Gagalkan Penyelundupan 32 Kg Sabu

BAHARINEWS.COM, DUMAI – Bea Cukai Dumai bersama TNI AL dan BNN berhasil menggagalkan penyelundupan Narkoba jenis Sabu sebanyak 32,196 Kilogram bersama dua orang tersangka.

Kapala Kantor Bea Cukai Dumai, Fuad Fauzi saat kegiatan Pers Release pada Senin (15/6/2020) menjelaskan awalnya tim BC Dumai dapat informasi akan adanya penyelundupan sabu dari Muar, Malaysia ke Dumai.

Atas informasi tersebut, pihak BC bekerjasama dengan POM TNI AL Dumai dan BNN. Setelah tim gabungan dibentuk, tim langsung melakukan pengejaran.

Akhirnya pada Sabtu (14/6/2020) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Tim bergerak dengan menggunakan 3 kapal Patroli BC. Namun hingga pukul 07.00 WIB, tim belum menemukan kapal yang dicurigai, dan tim gabungan tetap siaga di perairan sekitar Kawasan Industri Dumai dan perairan Dumai

“Sekira pukul 13.55 WIB, tim gabungan mencurigai sebuah Speed Boat dengan kekuatan 60 PK yang melaju kencang menyisir perairan Tanjung Leban Dumai dari arah Bengkalis,” jelasnya.

Kemudian tim bergerak melakukan pengejaran dan menghadang kapal speed tersebut. Kapal speed yang ternyata ditumpangi 3 orang tersebut berusaha melarikan diri dan nekat hendak menabrakkan kapalnya ke kapal Patroli Bea Cukai.

“Namun nahas, kapal penyelundup malah mengalami kerusakan bodi dan akhirnya tenggelam,” imbuhnya.

Setelah mendekati bibir pantai, satu orang pelaku berhasil kabur. Alhasil, petugas mengamankan dua orang pelaku bersama batang bukti berupa 1 package dikemas dalam keranjang plastik warna merah berisi 20 bungkus Sabu. 1 package dikemas dalam plastik bening berisi 10 bungkus Sabu. Dan setiap bungkus dikemas dalam kemasan teh cina merk “GUANYINWANG”.

“Dua pelaku yang berhasil diamankan tersebut berinisial RI (26) warga Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, dan MY (34) warga kota Dumai yang berprofesi sebagai nelayan,” kata Fuad.

Selanjutnya, tersangka beserta batang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Dumai untuk kemudian diserahkan kepada BNN Dumai.(Vie)

Baca Juga