Lanal Dumai Wujudkan Ketahanan Pangan Lewat Sistem Budidaya Aquaponik

Lanal Dumai Wujudkan Ketahanan Pangan Lewat Sistem Budidaya Aquaponik

BAHARINEWS.COM, DUMAI – Guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan pangan akibat pandemi Covid-19 , Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai mendukung ketahanan pangan dengan menggunakan sistem Budidaya Aquaponik.

Danlanal Dumai, Kolonel Liat (P) Himawan, MMSMC menyampaikan bahwa sistem Budidaya Aquaponik merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah.

Hal ini mengingat keterbatasan lahan yang dimiliki oleh Mako Lanal Dumai. Sistem budidaya Aquaponik, merupakan proses dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya.

Lalu tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan.

“Dengan siklus ini akan terjadi siklus saling menguntungkan, dan bagi kita yang  mengaplikasikanya tentu saja akan sangat menguntungkan sekali, karena lahan yang dipakai tidak akan terlalu luas,” jelas Danlanal pada kegiatan pembauran bibit Ikan Nila di kolam ikan Mako Lanal Dumai, Senin (22/6/2020).

Sebanyak 6.000 bibit Ikan Nilai ditabur oleh Komandan Lanal Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC didampingi Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudisthira, Kepala Bea Cukai Dumai, Fuad Fauzi, dan perwakilan Kejari Dumai, serta Asisten III Setdako Dumai, H. Khairil Adli.

Selain Ikan Nila, Lanal Dumai sebelumnya juga telah menabur 10 Ribu ekor benih Ikan Lele. Hal ini sesuai dengan perintah Panglima TNI, dalam mendukung program ketahanan pangan dimasa pandemi.

“Program ketahanan pangan ini merupakan perintah langsung Panglima TNI dan wajib dilaksanakan bagi seluruh jajaran TNI AL,” imbuhnya.

Lanjutnya, ia mengharapkan program ini nantinya terus berkembang dan akan membantu ketahanan pangan bagi prajurit dan jajaran Lanal Dumai.

“Melalui program tersebut diharapkan dapat memberikan contoh kepada masyarakat, dan mudah mudahan bersama masyarakat bisa secara langsung menggalakan program ketahanan pangan di masa pandemi covid-19,” harapnya.

Terakhir Danlanal mengatakan, budidaya ikan nila didukung oleh Dinas Perikanan Kota Dumai dan Saka Bahari. “Budidaya ikan nila didukung oleh Dinas Perikanan Kota Dumai, Jalasenastri Lanal Dumai dan Saka Bahari,” pungkasnya. (Vie)

Baca Juga