Kapolres Dumai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021

Kapolres Dumai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021

Baharinews.com, Dumai – Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira S.I.K memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021.

Dengan tema “Melalui operasi keselamatan 2021 kita wujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan disiplin Protokol Kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021”.

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 dilaksanakan selama 14 hari, sejak 12-25 April 2021. Kegiatan operasi yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia ini, merupakan operasi bidang lalu lintas yang mengedepankan giat Preemtif dan Preventif disertain dengan penegakan hukum secara selektif prioritas untuk mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 lebih diutamakan pada penertiban masyarakat yang tidak melaksanakan Prokes. Selain itu juga penertiban masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, sekaligus memberikan sosialisasi tentang Larangan mudik lebaran tahun 2021.

Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudhistira S.I.K dalam sambutannya membacakan amanat Kapolda Riau menyampaikan bahwa, sesuai amanat Undang Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu.lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk;

1. Mewujudkan dan memelihara keamanan,  keselamatan, da ketertiban serta kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar)

2. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas

3. Membangun budaya tertib berlalu lintas

4. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Keempat poin diatas, merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polisi sendiri, melainkan pelu kerja sama dan sinergitas antar sesama instansi terkait,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, target operasi keselamatan Lancang Luning 2021 adalah benda, manusia, tempat/lokasi dan kegiatan difokuskan pada rest area, pengemudi kendaraan bermotor yang tidak melaksanakan Prokes, masyarakat yang tidak melaksanakan Prokes, serta masyarakat yang berkumpul/berkerimun pada lokasi tertentu.

“Kepada seluruh Personil yang terlibat dalam kegiatan operasi keselamatan, gara dapat mengedepankan kegiatan preemtif, preventif secara persuasif dan humanis kepada masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, Kapolres Dumai juga berpesan kepada seluruh personil Yang terlibat agar mengutamakan faktor keselamatan diri maupun Prokes, menghindari Pungli, tidak menimbulkan hal yang kontradiktif, selalu memggunakan body system, dan tetap menjaga kesehatan. (Vie)

Baca Juga