Jelang HUT Pertamina Ke-62, RU II Dumai Khataman Quran Bersama 500 Anak Yatim

Jelang HUT Pertamina Ke-62, RU II Dumai Khataman Quran Bersama 500 Anak Yatim

BAHARINEWS.COM, DUMAI – Jelang HUT Pertamina ke-62 tahun, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai selenggarakan khataman Al-Quran bersama 500 anak yatim piatu Kota Dumai. Kegiatan berlangsung di Masjid Al-Muhajirin Komplek Pertamina Bukit Datuk Dumai, Rabu (04/12/2019).

Terdapat 12 panti asuhan yang diundang dalam kegiatan yakni Al Barkah, An Nur, Ar Rozak, Hidayatullah, Takdir Illahi, Umi Astuti, Umi Fadhillah, Az Zahra, Ayah dan Ibu, Halimatussa’diyah, Ihya Usunah dan Al Furqon. Seluruhnya merupakan panti asuhan yang tersebar di berbagai wilayah Kota Dumai.

Hadir dan membuka kegiatan Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) Pertamina RU II Iman Syafirman mewakili General Manager Pertamina RU II sekaligus berkesempatan memberikan santunan dan bantuan, baik kepada para peserta maupun kepada panti asuhan.

Dalam sambutannya Iman menyatakan kegiatan khataman Al-Quran ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan jelang HUT Pertamina. Selain sebagai wujud syukur atas kelancaran operasional Pertamina RU II dalam menjalankan tugas dalam memasok kebutuhan energi nasional, kegiatan ini dilaksanakan juga sebagai upaya untuk terus meningkatkan gerakan cinta Al-Quran sejak dini mengingat profil peserta dominan berasal dari usia sekolah.

“Alhamdulillah pada tahun 2019 ini kami berkesempatan menggelar kembali kegiatan khataman Al-Quran di lingkungan Pertamina RU II. Tak terasa pula Pertamina akan memasuki usia 62 tahun pada tanggal 10 Desember nanti dan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk syukur kami atas kelancaran operasional kilang RU II selama ini”, ungkap Iman.

Lebih lanjut Iman menjelaskan, selain dilaksanakan di Kota Dumai, kegiatan khataman Al-Quran ini juga dilaksanakan di berbagai lokasi operasional Pertamina lainnya di Indonesia. Tidak hanya itu, dalam menyambut HUT Pertamina Ke-62 tahun ini, Pertamina RU II telah mempersiapkan berbagai agenda lainnya seperti kegiatan lari bertajuk Dumai Energy Run 2019 yang seluruh biaya pendaftarannya akan disumbangkan kepada organisasi cinta lingkungan di Kota Dumai.

Sebelum khataman dimulai, acara juga diisi dengan games games inspiratif yang dipandu oleh para pekerja muda Pertamina RU II yang tergabung ke dalam Culture Change Agent (CCA). Selain itu, sebagai perwujudan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina, pada kesempatan yang sama juga diserahkan santunan kepada 500 anak yatim piatu peserta khataman Al-Quran dengan total bantuan senilai Rp 75 Juta serta bantuan Rp 25 Juta kepada Panti Asuhan Halimatussa’diyah untuk dukungan sarana prasarana dan operasional.

Kegiatan Pertamina RU II bersama anak yatim pun sepanjang tahun 2019 ini telah banyak dilaksanakan. Bahkan sejak Juli 2019, secara rutin manajemen Pertamina mengundang anak yatim piatu Kota Dumai untuk berkunjung ke kantor Pertamina RU II dan mengikuti pengajian bersama dan pemberian santunan. Hingga November 2019, setidaknya sejumlah Rp 212 Juta santunan telah disalurkan kepada 1.363 anak yatim piatu Kota Dumai.

“Saya mewakili perusahaan berharap peserta khataman Qur’an dapat mendoakan Pertamina agar tetap mampu berkiprah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi rakyat Indonesia. Saya pun mengucapkan syukur kita bisa berkumpul, membaca Al-Qur’an bersama dan mengkhatamkannya. Membaca dan mencintai Al Qur’an menjadi tabungan kita di akhirat kelak”, kata Iman.

Salah satu peserta dari Yayasan Takdir Illahi, Anwar Ramadhan mengaku bersyukur dengan kesempatan yang diberikan untuk bergabung pada Khataman Alquran ini serta atas bantuan yang diberikan Pertamina.

“Selamat Ulang Tahun kepada Pertamina ke-62. Kami doakan agar Pertamina semakin jaya”, ujarnya. (Vie/Rls)

Baca Juga