Hut TNI Yang ke-74 Lanal Dumai Menanam 4500 Tanaman Mangrove

Hut TNI Yang ke-74 Lanal Dumai Menanam 4500 Tanaman Mangrove

BAHARINEWS,DUMAI- Dalam Rangka memperingati Ulang Tahun TNI yang ke-74 TNI AL Seluruh Indonesia mengelar Penanaman Mangrove secara serentak guna mendapatkan Pemecahan rekor muri sebanyak 300044 Lanal Dumai akan menanam 4500 Pohon mangrove di Dermaga TNI AL bansal aceh senin (7/10/2019)

Acara Hut TNI Tersebut di hadiri Bpk wakil walikota Dumai Eko suharjo, Danlanal Dumai kolonel laut (P) wahyu Dili Y.H, kepala Kantor Bea cukai , kepala kantor KSOP , Dandim Dumai, letkol inf irdan , kapolres Dumai, AKBP Andri dan seluruh Muspida dan Tokoh masyarakat dan undangan lainya.

Dalam kesempatan ini kolonel Wahyu Mengawali kata Sambutanya, Dirinya mengucapkan terimakasih atas dukungan baik dari semua pihak terutama Pemko Dumai sehingga kegiatan penanaman bibit mangrove dalam rangka HUT TNI ke 74 dapat berjalan lancar.

Lalu dirinya Menjelasakan Wilayah Pantai adalah satu potensi wilayah maritim, untuk itulah melalui penananman ini diharapkan agar masyarakat ikut memelihara lingkungan di kawasan pantai.

“Kegiatan penanaman mangrove ini kami laksanakan wujud dari kepedulian kami terhadap lingkungan. Selain itu untuk menahan abrasi akibat air pasang dan lain sebagainya,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskanya, Penanaman pohon mangrove ini nantinya akan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan, menjaga keseimbangan ekosistem alam yang terdapat disekitar hutan mangrove, dan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan serta kualitas ekosistem alam terutama wilayah laut yang sekarang ini mulai banyak terkikis atau tergerus oleh ombak.

Danlanal Dumai juga menyampaikan bahwa pohon mangrove adalah komunitas tumbuhan pesisir yang mempunyai manfaat sangat besar. Juga mempunyai fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi dan gelombang air laut. Untuk itu kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan.

Selanjutnya bpk Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo berkeaempatan menyampaikan pidatonya Dia mengaku, pemerintah sangat mendukung kegiatan penanaman bibit mangrove, kegiatan ini sebagai wujud nyata kepedulian TNI terhadap lingkungan. Terutama menjaga keindahan pantai serta mencegah terjadinya abrasi akibat hantaman ombak pasang laut.

Dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga bibit mangrove yang baru di tanam agar tumbuh dan berkembang. Selain mampu menahan gempuran ombak pasang dari laut, fungsi hutan Mangrove antara lain tempat berkembang biaknya habitat laut, menjaga masyarakat pantai dari ancaman banjir akibat air pasang.

Eko menjelaskan, Abrasi yang saat ini terjadi tentunya menjadi perhatian semua kalangan, termasuk TNI, dan tentunya dengan kegiatan penanaman ini, diharapkan abrasi bisa ditahan.

“Semoga dengan penanaman ini, menjaga daerah pesisir dari abrasi dan gelombang air laut,” pungkasnya. (Rs)

Baca Juga