F1QR Lanal Dumai Amankan 5 Gram Sabu Dari Penumpang Speed

F1QR Lanal Dumai Amankan 5 Gram Sabu Dari Penumpang Speed

Baharinews.com, DUMAI – Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Dumai mengamankan 5 Gram Narkoba jenis Sabu dari seorang penumpang Speed Tambang asal Pulau Rupat, pada Kamis (25/02/2021) sekitar pukul 17.15 WIB di Sungai Dumai.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC menjelaskan kronologis penangkapan berawal dari informasi yang diterima Tim F1QR Lanal Dumai dari agen di lapangan pada Kamis (25/22021) sekira Pukul 15.00 WIB, bahwa akan ada seorang penumpang speed tambang yang di duga membawa Narkoba jenis Sabu-sabu masuk ke perairan Sungai Dumai.

Menindaklanjuti informasi tersebut dan setelah mendapat perintah dari Danlanal, Pasintel Lanal Dumai memerintahkan Tim F1QR Lanal Dumai untuk melaksanakan pengejaran penangkapan dan penyelidikan (jarkaplid). 

“Selanjutnya pada Pukul 15.40 WIB Tim F1QR Lanal Dumai melaksanakan briefing dipimpin Danunit Intel di Posal Sungai Dumai,” kata Danlanal, pada Jumat (26/02/2021) di Mako Lanal Dumai.

Lanjutnya, pada Pukul 15.50 WIB Tim F1QR Lanal Dumai yang dipimpin oleh Danunit Intel bergerak dari Posal Sungai Dumai untuk melaksanakan patroli dan penyekatan menggunakan Sea Rider 85 PK dan Speed Patroli Posal Sungai Dumai.

Pada Pukul 17.15 WIB Tim F1QR melihat speed target melaju kencang, kemudian tim melaksanakan pengejaran dan melepaskan tembakan peringatan ke udara sebanyak satu kali, selanjutnya speed target berhenti dan Tim F1QR melaksanakan penggeladahan terhadap speed dan 4 orang penumpang.

Pada saat dilaksanakan penggeledahan Tim melihat seorang penumpang berinisial PAS membuang 1 bungkus kecil ke laut diduga narkoba jenis sabu. Kemudian barang bukti bungkusan kecil di duga sabu-sabu tersebut diamankan oleh Tim F1QR Lanal Dumai. Selanjutnya speed dan penumpang dibawa menuju Pos TNI AL Sungai Dumai untuk dilaksanakan penyelidikan dan pendalaman.

Kemudian Pukul 19.00 WIB Barang bukti diduga Narkoba jenis sabu dibawa menuju kantor Bea Cukai Dumai untuk dilaksanakan uji laboratorium, dan hasil uji laboratorium dari Bea Cukai menyatakan bahwa Barang Bukti yang diamankan tersebut adalah benar mengandung senyawa organik jenis Methamphetamine, kandungan NPP positif seberat 5 gram. Selanjutnya tersangka dan Barang Bukti akan diserahkan ke Polres Dumai untuk proses lanjut.

“Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan Instruksi Panglima TNI dan Kepala Staf TNI AL mendukung penuh upaya dalam memerangi Narkoba dan memberantas peredaran Narkoba (War On Drugs),” sebut Danlanal,

Selama menjabat sebagai Komandan Lanal Dumai, sudah 3 kali Lanal Dumai menggagalkan upaya penyeludupan Narkoba baik secara mandiri maupun bersama instansi Bea Cukai dan Polda, serta kejadian yang sama ditahun-tahun sebelumnya.

“Ini bukan suatu prestasi melainkan suatu keprihatinan kita bersama, sekeras apapun petugas dilapangan dan seberat apapun sanksi yang dijatuhkan kepada para pelaku, faktanya masih saja banyak yang nekat membawa dan menggunakan barang haram tersebut,” ungkapnya.

Terakhir Danlanal Dumai berharap seluruh pihak bersama-sama mendukung Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, demi mewujudkan Indonesia  bersih dan bebas dari Narkoba. (Vie)

Baca Juga