Covid-19 Dumai, Bertambah 13 Orang Positif Rapit Test

BAHARINEWS.COM, DUMAI – Jumlah positif virus Corona atau COVID-19 hasil pemeriksaan Rapid Test di Dumai bertambah menjadi 13 orang. Hal itu disampaikan dr Syaipul juru bicara gugus tugas COVID-19 Kota Dumai, Rabu (15/4/2020).

Angka tersebut bertambah 3 orang dari jumlah sebelumnya yang hanya 10 orang. Sementara untuk kasus terkonfirmasi positif virus Corona versi Swab Test atau PCR masih 1 orang.

“Ke-13 orang yang dinyatakan positif hasil pemeriksaan Rapid Test langsung dirawat dan diisolasi di RSUD Dumai untuk mendapatkan perawatan intensif sambil menunggu hasil swab test,” lata Syaipul.

Sementara untuk 1 pasien terkonfirmasi positif virus Corona versi Swab Test atau PCR kondisinya terus membaik. “Kondisinya terus membaik, semoga lekas sembuh,” harap Syaipul.

Dijelaskan Syaipul, jumlah ODP COVID-19 di Dumai hingga kini sebanyak 569 orang, jumlah PDP yang dirawat di rumah sakit sebanyak 18 orang, 13 di antaranya positif hasil Rapid Test.

Penambahan jumlah positif hasil Rapid Test, menurut Syaipul, setelah tim gugus tugas melakukan tracking terhadap keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Untuk mencegah penyebaran virus Corona di Dumai, tim gugus tugas melakukan tracking terhadap keluarga atau orang terdekat khususnya yang pernah berhubungan langsung dengan PDP untuk mendeteksi dini penyebaran virus Corona,” terang Syaipul.

Penggunaan Rapid Test juga dalam rangka penyelidikan epidemiologi, tujuannya agar tim gugus tugas bisa memasukkan mereka sebagai PDP atau ODP.

Dan mereka yang dinyatakan positif rapid test sesuai protokol kesehatan otomatis masuk dalam Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

“Jika diiringi sakit berat seperti batuk, demam, panas tinggi, dan sesak napas, kita rawat di rumah sakit. Namun jika kondisi tubuhnya baik, dan tidak menunjukkan gejala demam, batuk dan lainnya, kita sarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,” pungkasnya.(HRC/Bhn)

Baca Juga