Cek Kesiapan Petugas Deteksi Virus Corona, Kadiskes Provinsi Riau Tinjau Pelabuhan Internasional Dumai

Cek Kesiapan Petugas Deteksi Virus Corona, Kadiskes Provinsi Riau Tinjau Pelabuhan Internasional Dumai

DUMAI, BAHARINEWS.COM – Kota Dumai sebagai salah satu pintu masuk internasional melalui jalur laut, mendapat perhatian khusus mengenai deteksi dini masuknya Virus Corona.

Hal inilah yang membuat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengecek langsung kesiapan petugas kesehatan Pelabuhan Internasional Pelindo I Dumai, dalam mendeteksi masuknya Virus Corona secara dini menggunakan alat pemindai suhu tubuh.

Selain itu, petugas kesehatan pelabuhan juga memberikan kartu kewaspadaan kesehatan kepada seluruh penumpang. Untuk nantinya disimpan selama 14 hari, apabila penumpang tersebut merasa mengalami gejala Virus Corona untuk segera mendatangi RSUD Kota Dumai.

“Kartu kewaspadaan kesehatan ini diberikan, sebagai indikator dan bukti bahwa pasien sakit usai bepergian dari luar negeri,” jelas Mimi, pada Rabu (12/2/2020).

Pihaknya juga sudah mengingstruksikan kepada rumah sakit yang ada di Provinsi Riau, salah satunya RSUD Dumai untuk selalu siap siaga dan menyiapkan ruangan isolasi.

Kepada seluruh petugas, yang bertugas di Pelabuhan. Mimi menghimbau untuk tetap menjaga kesehatan, menjaga kebersihan diri, dan apabila mengalami sakit untuk segera memeriksakan diri di fasilitas kesehatan.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada. Melakukan langkah antisipasi dengan cara melihara kondisi tubuh agar tetap fit, makan makanan bergizi, serta menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.

“Kami himbau kepada masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada, menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” pungkasnya.

Mimi juga mengatakan bahwa hingga saat ini, belum ditemukan pasien suspek Virus Corona khusunya di Provinsi Riau. (Vie)

Baca Juga